Channel YouTube dan Login ke Moodle dari SisterFani

Inovasi tiada henti. Itulah DNA-nya SMK PGRI 1 Tangerang. Pada bulan Januari ini, setidaknya ada 2 inovasi yang telah dilakukan, yang bertujuan untuk lebih memaksimalkan proses Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19 dan mempermudah perserta didik melakukan login ke Moodle.

Semua inovasi ini dibuat oleh bapak/ibu guru SMK PGRI 1 Tangerang. Kami tidak memakai jasa / konsultan pihak luar.

CHANNEL YOUTUBE

Selama ini pembelajaran dilakukan melalui berbagai macam media, di antaranya yaitu WhatsApp, Telegram, Zoom, dan Moodle. Nah, agar lebih maksimal lagi, maka SMK PGRI 1 Tangerang membuat channel resmi di Youtube. Bapak/ibu guru membuat persiapan berupa file PowerPoint, kemudian melakukan rekaman video di Broadcast Studio. Setelah dipoles, hasil akhirnya diunggah ke Youtube.

LOGIN KE MOODLE DARI SISTERFANI

SisterFani adalah pintu gerbang informasi bagi siswa, di mana di situ ada informasi tentang jadwal pelajaran, tagihan SPP, dan password Moodle yang setiap hari diganti. Ada beberapa alasan mengapa password Moodle setiap hari diganti. Salah satunya karena pengguna Moodle cenderung memilih password yang mudah diingat. Password yang mudah diingat bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk mencari celah keamanan sistem. Alasan lain adalah untuk mempermudah wali kelas memantau tunggakan SPP. Orang tua / wali diberi waktu sampai tanggal 10 untuk melunasi tagihan SPP. Bila lewat dari tanggal 10, maka password Moodle tidak dimunculkan. Untuk mengetahui password, siswa bisa menghubungi wali kelas melalui WhatsApp atau Telegram agar dibukakan passwordnya.

Tapi password Moodle yang tiap hari diubah, tentu agak menyulitkan siswa saat hendak login. Atas dasar itulah, di SisterFani diberi fasilitas agar siswa bisa login ke Moodle hanya dengan sekali klik. Kami menyebutnya, “Lupakan username dan password Moodle!”.

Semoga inovasi-inovasi ini bisa semakin meningkatkan pelayanan kami. Semangat!

About The Author

Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.